KELAUTAN INDONESIA | INDONESIA LAMA

Rabu, 02 Januari 2013

KELAUTAN INDONESIA

KELAUTAN INDONESIA

Potensi ekonomi kelautan dan perikanan di Indonesia ditaksir mencapai US$ 1,2 triliun. Hanya saja, pengembangan bisnis kelautan belum maksimal akibat tumbukan kepentingan di sejumlah kawasan pesisir.

Salah satu persoalan yang mengganjal yakni minimnya pemahaman konvensi hukum laut internasional yang sangat beresiko menambah kasus tumpang tindih kewenangan pengelolaan potensi sumber daya perikanan dan kelautan di Indonesia.

Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo mengakui kepala daerah selaku pengambil kebijakan pengembangan kelautan dan perikanan belum banyak yang memahami prinsip batas lautan seperti zona ekonomi eksklusif hingga area landas kontinen.

Apalagi, ucap Sharif, pengembangan bisnis kelautan cukup terganjal dengan belum tuntasnya penetapan batas wilayah antarnegara, serta penetapan titik-titik koordinat batas wilayah dan pengelolaan sumber daya laut yang terkandung pada laut teritorial dan Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia (ZEEI).


Indonesia sudah mencapai swasembada garam nasional pada tahun ini.

HANYA SAJA AKAN LEBIH MEMBAIK DI SEKTOR INI JIKA DILAKUKAN PEMBAHASAN ULANG, DAN PENANGANAN KHUSUS SUPAYA MENCAPAI NILAI SEMPURNA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar