LISTRIK INDONESIA | INDONESIA LAMA

Rabu, 02 Januari 2013

LISTRIK INDONESIA

LISTRIK INDONESIA

LISTRIK INDONESIA DI TANGANI DENGAN SEBUAH BADAN. PLN, DST.

Perusahaan Listrik Negara (disingkat PLN) adalah sebuah BUMN yang mengurusi semua aspek kelistrikan yang ada di Indonesia. Direktur Utamanya adalah Nur Pamudji, menggantikan Dahlan Iskan dirut sebelumnya yg di lantik menjadi menteri BUMN

Ketenagalistrikan di Indonesia dimulai pada akhir abad ke-19, ketika beberapa perusahaan Belanda mendirikan pembangkitan tenaga listrik untuk keperluan sendiri. Pengusahaan tenaga listrik untuk kepentingan umum dimulai sejak perusahaan swasta Belanda NV. NIGM memperluas usahanya di bidang tenaga listrik, yang semula hanya bergerak di bidang gas. Kemudian meluas dengan berdirinya perusahaan swasta lainnya.

Sistem kelistrikan Indonesia diluar sistem Jawa – Bali dan Madura yang terinterkoneksi, sebagian besar merupakan sistem kelistrikan yang relatif belum berkembang. dimana satu sama lainnya masih terisolasi. Sistem masih terdiri dari sub-sistem dan sub-sistem kecil yang masing-masing terpisah satu sama lain dan masih terdapat di daerah-daerah terpencil yang terisolasi.

PROYEK 10.000 MW PEMBANGUNAN PEMBANGKIT LISTRIK

Saat ini pemerintah sedang giat-giatnya melakukan percepatan pembangunan infrastruktur kelistrikan di Indonesia. Untuk sekedar diketahui bahwa proyek pembangunan 10.000 MW pembangkit listrik berbahan bakar batubara (PLTU batubara) direncanakan akan selesai pada tahun 2012 ini. Kemudian diteruskan dengan percepatan proyek 10.000 MW untuk pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP, Geothermal). Selain itu PLN juga ingin mempercepat penggunaan pembangkit listrik energi terbarukan, dan sedang merencanakan proyek percepatan pemabnguan 10.000 MW pembangkit listrik tahap ketiga, yang berencana membangun pembangkit listrik tenaga air (PLTA).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar